Software Akuntansi Yang Paling Banyak Dipakai Perusahaan

Apa Itu Software Akuntansi?

Jadi software akuntansi adalah program komputer yang dibuat dengan tujuan mengumpulkan semua transaksi yang terjadi di perusahaan dan memperoses otomatis menjadi jurnal akuntansi serta menghasilkan Laporan Keuangan secara utuh yang diperlukan oleh perusahaan. Jika perusahaan menggunakan Software Akuntansi maka beberapa user bisa bekerja secara bersamaan tanpa mengganggu pekerjaan masing-masing dan saling mengupdate data ke dalam satu database tersebut.

Berikut adalah 3 Software Akuntansi yang paling banyak digunakan oleh perusahaan, baik UMKM hingga perusahaan besar :

SOFTWARE ACCURATE

Software Accurate adalah software akuntansi paket buatan asli Indonesia (Lokal) yang dikembangkan oleh PT. Cipta Piranti Sejahtera sejak tahun 2000. Accurate telah digunakan lebih daro 300.000 perusahaan di Indonesia hingga akhir tahun 2017. Karena isinya sangat sesuai dengan PSAK (Peraturan Standard Akuntansi Keuangan Indonesia). Lalu Software Accurate juga telah diadopsi sebagai kurikulum Praktikum Lab Komputer Akuntansi lebih dari 70 Universitas Terkemuka dan ratusan SMK. Selain itu, Software Accurate telah mendapatkan penghargaan TPO BRAND pada acara Top Brand Awards tahun 2017

Saat ini Accurate telah merilis software dalam 2 platform yaitu Accurate Desktop dan Accurate Online sehingga pengguna bisa memilih mana yang lebih cocok sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Software Accurate Desktop cocok dipakai oleh perusahaan yang hanya memiliki 1 kantor usaha dan seluruh aktivitas perusahaan dilakukan di kantor tersebut, sedangkan Accurate Online diperuntukkan bagi perusahaan yang memiliki beberapa cabang atau pimpinan perusahaan ingin pantau aktifitas transaksi perusahaan dari manapun dan kapanpun. Kelebihan Accurate adalah bisa pakai secara gratis terlebih dahulu (trial)

ZAHIR ACCOUNTING

Merupakan software asal Malaysia. Zahir menawarkan fitur dan modul yang hampir sama dengan Accurate. Perbedaannya adalah Zahir menjual software per modul-modul yang diperlukan oleh perusahaan, misalnya perusahaan hanya memerlukan modul Penjualan maka Zahir bisa menjual modul penjualan saja, demikian dengan modul yang lainnya. Selain itu Zahir menggunakan Dongle (Semacam USB) dimana ketika ingin menggunakan software tersebut harus mencolokkan dongle nya terlebih dahulu sebagai kontrol penggunaan Licensenya. Hal ini berbeda dengan Accurate yang cukup menginstall aplikasinya saja tanpa harus menggunakan dongle dan penggunaan softwarenya hanya meregistrasikan saja kode License yang telah dimiliki. Zahir pun telah banyak dipakai di beberapa universitas sebagai mata kuliah praktikum lab komputer akuntansi.

MYOB ACCOUNTING

MYOB adalah software asal Australia dan merupakan cikal bakal banyaknya software akuntansi yang berkembang di Indonesia. MYOB sudah lebih awal menguasai pangsa pasar software keuangan di Indonesia. Namun karena fiturnya yang merupakan buatan luar negeri, banyak perusahaan yang beralih dari MYOB ke Accurate karena Accurate lebih cepat dalam merespon perubahan peraturan akuntansi dan perpajakan di Indonesia dengan menerbitkan update software.

Itulah 3 software akuntansi teratas yang paling banyak dipakai oleh perusahaan di Indonesia semoga bisa dijadikan referensi dalam memilih software yang tepat untuk perusahaan Anda

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *