Cara menyusun RAB Perusahaan Kontraktor

Mungkin Anda belum mengetahui pentingnya membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) dalam setiap pekerjaan proyek kontraktor ataupun Proyek umum. Sebenarnya, tanpa membuat RAB pun pekerjaan proyek kontraktor dan proyek umum masih tetap bisa berjalan. Tetapi, mengapa RAB masih dibutuhkan dan apa saja langkah-langkah yang harus dijalankan dalam pembuatan RAB?

Rencana Anggaran Biaya atau biasa di singkat RAB adalah perhitungan banyaknya biaya yang akan dibutuhkan, baik upah pekerja dan Bahan-bahan material bangunan dalam suatu pekerjaan Konstruksi Contohnya: membangun gedung/membangun rumah, membangun jembatan, membangun rumah sakit, dan lain-lain.

Rencana Anggaran Biaya dibuat berdasarkan uraian pekerjaan yang disusun menurut jenis pekerjaan yang ada dalam pelaksanaan konstruksi dan disusun menurut berdasarkan gambar kerja dan Rencana kerja dan Syarat dengan memperhitungkan segala biaya pengadaan bahan maupun alat.

Berikut langkah-langkah menyusun RAB Perusahaan Kontraktor:

Sebelum membuat RAB kita terlebih dahulu mengestimasi harga pekerjaan menjadi bentuk pokok-pokok item pekerjaan yang merujuk ke lingkup pekerjaan tersebut.

  • Menentukan Daftar Harga Bahan Material

  • Menentukan Harga Satuan upah pekerja

  • Membuat Analisa Harga satuan pekerjaan per item pekerjaan beserta bahan material dan Biaya upah per pekerjaan per volume pekerjaan

Untuk menyusun RAB Perusahaan kontraktor, seorang estimator dapat menggunakan software yang dapat membantu memudahkan pekerjaan dalam penyusunan RAB, sehingga mampu mengurangi kesalahan dan mengurangi penginputan RAB secara berulang.

Dengan menggunakan Software yang tepat, perusahaan akan diuntungkan bukan hanya mampu merekap pencatatan RAB tetapi juga menghasilkan Laporan Keuangan yang dibutuhkan perusahaan seperti: Neraca; Laba/Rugi Per Proyek; Laporan Hutang / Laporan Piutang dan lain lain.

Apabila ada pertanyaan mengenai cara menyusun RAB perusahaan kotraktor dan memerlukan konsultasi mengenai Software Accurate dapat menghubungi Yopi Arsopian di WhatsApp dibawah ini. Terima kasih.