Pengertian Umum, Fungsi dan Elemen Manajemen

Terlepas Anda adalah seorang mahasiswa, atau seorang karyawan yang sedang meniti karir menuju posisi manager, atau Anda adalah manager baru di sebuah perusahaan, atau bahkan Anda adalah seorang pemilik usaha kecil (UKM) namun belum memiliki dasar pengetahuan tentang manajemen, berarti artikel singkat ini cukup memberikan insight untuk anda mengetahui setidaknya apa itu managemen, apa fungsinya dan elemen apa saja yang ada di dalamnya. Baiklah mari kita bahas pengertian umum, fungsi dan elemen manajemen.

Pengertian Manajemen

Secaca umum, manajemen bisa diartikan sebagai seni untuk merencanakan, mengatur, mengarahkan dan mengawasi terhadap kegiatan dan penggunaan sumber daya yang ada dalam suatu organisasi agar tercapai satu tujuan yang telah ditetapkan

Fungsi Manajemen

Sesuai dengan pengertian umum dari manajemen, bahwa manajemen memiliki fungsi yang sangat mendasar dan sangat dibutuhkan dalam organisasi demi kemajuan organisasi tersebut. Beberapa fungsi manajemen adalah sebahai berikut:

1. Planning (Perencanaan)

Dalam menjalankan fungsi manajemen sebagai perencana, maka jajaran para manajer sangat dibutuhkan memiliki kemampuan untuk bisa menetapkan tujuan, menentukan strategi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan tersebut, menentukan kebijakan dan menyusun anggaran yang tepat untuk mencapai tujuan organisasi. Tanpa perencanaan yang baik tentunya sebuah organisasi akan mengalami berbagai hambatan dalam menjalani usahanya di masa mendatang.

2. Organizing (Mengatur)

Pengorganisasian adalah proses penyusunan dan pengaturan mulai dari menyusun struktur organisasi agar sesuai dengan tujuan dan ketersediaan sumber daya organisasi sampai dengan pembagian tugas dan tanggung jawab masing-masing bagian. Tujuan dari penyusunan Struktur organisasi adalah untuk membagi sebuah kegiatan besar dari organisasi menjadi bagian yang lebih kecil dan bisa mudah untuk dilaksanakan. Ada tiga hal yang merupakan fungsi manajemen dalam pengorganisasian (organizing) yaitu: Menetapkan stuktur organisasi – mendelegasikan wewenang – menetapkan hubungan

3. Actuating (Pelaksanaan Kerja)

Perencanaan yang matang dan pengaturan yang sudah disusun dengan sangat baik tentu tidak akan ada artinya jika semua itu hanya wacana. Untuk itulah diperlukan tindakan nyata atas pereencanaan yang sudah dibuat dan dilaksanakan oleh masing-masing bagian sesuai job description masing-masing. Untuk pelaksanaan ini tidak bisa terlepas dari arahan manajemen. untuk itulah dalam hal pelaksanaan tujuan fungsi manajemen di sini adalah mengarahkan agar kegiatan organisasi selalu sesuai dengan jalur atau prosedur yang telah ditetapkan.

4. Controlling (Pengawasan)

Pengawasan yang dimaksudkan disini adalah pengawasat terhadap kegiatan yang sedang berlangsung agar tetap sesuai dengan arahan yang telah diberikan atau agar tetap sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan. Selain itu, pengawasan juga dilakukan dalam hal evaluasi hasil pekerjaan yang dilakukan apakah sudah sesuai dengan target atau malah menyimpang jauh dari tujuan yang telah ditetapkan. Hal ini dilakukan untuk mengukur apakah kebijakan dan perencanaan yang telah dibuat sesuai atau tidak dengan kondisi kenyataan saat ini dan masa mendatang. Jika ternyata ditemukan banyak kegagalan penerapan maka bisa segera dibuat kebijakan baru yang lebih bisa direlaisasikan demi mencapai tujuan awal.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *