TIPS BISNIS PETSHOP MENGUNTUNGKAN

Peluang bisnis petshop saat ini sudah semakin marak ditekuni oleh sebagian orang di Indonesia. Hal ini terlihat dengan semakin banyaknya petshop yang mulai dibuka untuk memenuhi berbagai keperluan para pecinta binatang.

Maraknya masyarakat yang mencoba peluang usaha petshop dikarenakan semakin banyaknya permintaan di dalam masyarakat akan keperluan hewan peliharaan mereka atau memanjakan binatang kesayangan. Banyak dari masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing dan anjing dan sangat membutuhkan service, makanan, dan vitamin yang tersedia di petshop.

TIPS BISNIS PETSHOP MENGUNTUNGKAN

Seperti salah satu petshop di Jakarta, tepatnya di pinggir Jalan Pengadegan Utara V, Jakarta Selatan, berdiri sebuah toko yang menyediakan barang kebutuhan hewan peliharaan “Catty Petshop” dengan pemiliknya Lely H Musar yang mendapatkan omset fantastis yaitu 400 juta per bulan.

Keren bukan! Pengen omsetnya seperti Ibu Lely? Nah kali ini akan dibedah tuntas bagaimana memulai bisnis pertshop yang menguntungkan:

1. Lokasi Strategis

TIPS BISNIS PETSHOP MENGUNTUNGKAN

Hal pertama kali yang harus Anda lakukan ketika hendak menjalankan ide bisnis petshop tentu saja memilih lokasi atau tempat usaha. Sementara tempat yang paling tepat untuk dipilih dalam menjalankan bisnis petshop adalah lokasi yang mudah terlihat sekaligus mudah diakses calon pelanggan maupun konsumen setia Anda. Dengan lokasi yang strategis, bisnis Anda tidak hanya akan mudah diakses oleh calon pelanggan, namun bisnis Anda juga mengalami perkembangan yang sangat cepat karena mudah dikenali oleh para calon pelanggan.

2. Persiapkan Peralatan dan Perlengkapan Barang 

TIPS BISNIS PETSHOP MENGUNTUNGKAN

Setelah semua tempat usaha siap, langkah selanjnya adalah dengan mencari peralatan yang akan mendukung usaha anda dan berbagai macam barang yang akan anda jual. Peralatan usaha yang dimaksudkan adalah peralatan yang akan mendukung anda memberikan pelayanan seperti penitipan hewan, jual beli hewan, dan salon hewan.

Hewan yang anda jual tidak mungkin dibiarkan berkeliaran disekitar ruangan sepanjang hari. Mereka membutuhkan beberapa kandang untuk tempat tinggal mereka dan sebagai tempat agar para pelanggan bisa melihat hewan peliharaan yang akan mereka beli. Selanjutnya berkenaan dengan jasa penitipan hewan yang anda berikan. Para pelanggan yang menitipkan hewan peliharaan mereka kepada petshop pasti menginginkan layanan yang lebih dari itu. Hewan yang dititipkan perlu untuk dibersihkan, diberi makanan, dan tempat bermain agar tidak stres.

Persiapkanlah peralatan usaha yang meliputi beberapa sampo dan pengering rambut untuk membersihkan hewan yang dititipkan. Belilah beberapa aksesoris agar hewan yang dititipkan ke petshop anda tidak mudah menjadi stres dan dapat bermain dengan aksesoris tersebut. Kemudian jika petshop yang anda dirikan memberikan jasa salon untuk perawatan hewan peliharaan, pastikan juga anda menyediakan berbagai keperluan salon tersebut untuk kelancaran usaha yang dijalankan.

3. Jenis Layanan Yang Ditawarkan

TIPS BISNIS PETSHOP MENGUNTUNGKAN

Peluang usaha petshop memiliki peluang keuntungan yang sangat luas untuk dijalalanka. Artinya ada banyak sekali sumber pendapatan yang bisa diperoleh lewat berbisnis petshop. Dengan demikian sebagai pelaku usaha anda tidak boleh membatasi keuntungan yang didapatkan. Petshop yang anda dirikan bisa menjadi tempat masyarakat membeli hewan peliharaan, menjadi tempat perawatan anjing dan kucing, tempat penitipan hewan peliharaan, dan juga menjual berbagai jenis makanan dan aksesoris untuk digunakan oleh hewan peliharaan.

Namun jika anda masih kekurangan dana modal untuk melakukan keseluruhan layanan tersebut, anda bisa fokus melayani beberapa layanan saja terlebih dahulu. Anda bisa terlebih dahulu menjual berbagai jenis makanan dan vitamin hewan ditambah dengan pemberian jasa salon dan penitipan hewan. Jasa-jasa diatas telah terbukti memiliki pasar yang lebih besar dan memiliki perputaran uang yang tinggi demi berlangsungnya usaha yang anda jalankan.

4. Strategi Marketing

TIPS BISNIS PETSHOP MENGUNTUNGKAN

Lakukanlah promosi terhadap usaha yang anda jalankan dengan konsisten dan terus menerus. Mengenalkan usaha kepada para pelanggan memiliki banyak sekali cara dan bisa dilakukan secara online dan offline.

OFFLINE: Pertama kita akan membahas cara melakukan promosi secara offline atau promosi dengan cara konvensional. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan pada metode promosi offline yang bisa anda lakukan. Anda bisa menyebarkan brosur petshop anda.

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan mobil yang anda miliki sebagai tempat promosi berjalan. Caranya adalah dengan menempel berbagai stiker yang mengenalkan tempat usaha anda kepada khalayak ramai pada mobil yang dimiliki. Sehingga dengan demikian disaat anda berkendara akan ada banyak mata yang melihat mobil yang anda kendarai dan mulai mengetahui petshop yang anda dirikan.

ONLINE: Cara selanjutnya adalah dengan melakukan promosi yang menggunakan media online dan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Gunakan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Website untuk mengenalkan petshop yang anda dirikan kepada masyarakat luas. Berikan keterangan yang lengkap tentang manfaat yang akan mereka dapatkan jika menggunakan jasa dari petshop yang anda tawarkan.

5. Manajemen Bisnis

TIPS BISNIS PETSHOP MENGUNTUNGKAN

Keberlangsungan sebuah usaha sangat ditentukan dengan cara pengelolaan yang handal. Maka dari itu selaku pengusaha petshop anda wajib memiliki manajemen usaha yang baik seperti jam operasional, tarif, paket pelayanan, jenis layanan, solusi pembuangan kotoran hewan, kerja sama dengan dokter hewan, dan sebagainya.

Selain manajemen bisnis, Anda juga harus merencanakan manajeman keuangan. Karena, tanpa adanya manajemen keuangan yang baik, bisnis Anda tidak akan mudah untuk berkembang. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan manajemen keuangan sejak awal perjalanan bisnis Anda.

Baca Juga Disini Laporan Keuangan Bisnis Petshop 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *