Strategi Menaikan Omset Penjualan Dengan Cepat

Strategi Menaikan Omset Penjualan Dengan Cepat

Meningkatkan omset penjualan merupakan target semua Pengusaha, tetapi seperti kita ketahui sebagai pengusaha terkadang omset bisa naik dan turun yang mungkin disebabkan oleh banyak faktor saat menjalankannya. Hal ini bukan hanya terjadi pada pengusaha kecil, tapi juga terjadi pada perusahaan-perusahaan besar. Seperti yang kita ketahui beberapa brand besar bisa tumbang dalam waktu yang tidak terduga. Seperti Nokia atau Blackberry yang dulu sempat merajai dunia per-gadget-an dan sekarang namanya nyaris tidak terdengar lagi.

Saya akan coba share beberapa cara yang saya lakukan untuk meningkatkan omset agar bisnis saya bertahan dan masih bisa menghidupi banyak team dan karyawan. Cara untuk melejitkan penjualan yang diterapkan pada bisnis saya adalah:

1. Kualitas Produk

Selain sangat berpengaruh pada intergritas usaha kita, kualias produk juga sangat berpengaruh pada angka penjualan produk kita. Sudah menjadi hal wajib bagi semua usaha untuk selalu mempertahankan kualitas produk mereka. Ini sangat sederhana, namun cukup sulit dilakukan. Jika kualitas sudah jempolan, konsumen pun akan loyal dan terus akan berbelanja di toko Anda. Apalagi jika usaha Anda di bidang makanan. Jadi teruslah menjaga dan meningkatkan kualitas produk Anda. Rasanya tidak masalah sedikit menaikan harga asalkan kualitas produk kita selalu terjaga.

2. Promosi dan branding

Ini hal penting kedua yang harusnya Anda lakukan jika ingin meningkatkan penjualan. Kekuatan promosi dan branding ini meningkatkan omzet usaha Anda. Tidak harus mahal dan ribet. Lakukanlah promosi dan branding sesuai dengan kemampuan usaha Anda dan bermacam cara. Contoh saja jika Anda memiliki usaha wisata murah, promo travel, dan sejenisnya, Anda bisa berpromosi di social media, bahkan bisa melalui pemasaran digital (digital marketing) untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan sesuai target. Contoh lain, jika Anda memiliki usaha kuliner, tidak ada salahnya kamu menggelar promosi diskon di pertengahan bulan agar omzet usaha Anda tetap tinggi di tanggal tua tersebut.

3. Layanan Terbaik

Dengan semakin banyaknya pesaing di luar sana, salah satu kunci untuk menang dalam persaingan itu adalah dengan meningkatkan kualitas layanan kita. Taruhlah kita memiliki jenis produk yang sama dengan harga yang hampir sama, maka hal terpenting yang akan menjadi pertimbangan para konsumen tentu saja adalah pelayananya. Pelayanan yang cepat bagi konsumen, ramah memperlakukan pelanggan, hingga menambah fasilitas tambahan seperti koneksi internet gratis di tempat usaha Anda, ini akan membuat pelayanan kepada konsumen bisa memiliki nilai tambah.

4. Belajar strategi pemasaran

Setiap pengusaha tidak hanya sekadar menjalankan usahanya. Mereka juga dituntut untuk selalu belajar. Terutama belajar pemasaran atau marketing. Dan saat ini, belajar strategi pemasaran sudah bukan dengan cara konvensional lagi, melainkan perlahan-lahan harus bisa belajar pemasaran digital. Terutama strategi memasarkan melalui social media yang popular seperti instagram, facebook, dan pemasaran melalui Google. Bahan bacaan dari para praktisi digital marketing dengan mudah bisa Anda temui di situs blog dan media, dan kamu cari melalui layanan pencarian di Google. Memang, meningkatkan omset penjualan adalah sebuah hal yang gampang-gampang susah. Tapi jika kita membiarkan terus omzet usaha Anda turun, semakin lama usaha Anda akan gulung tikar. Jadi sebelum omzet usaha turun lebih dalam lagi, cobalah perbaiki dari sekarang.

5. Jangan Lupa Pembukuan

Kalo Anda belum memiliki pembukuan usaha yang baik, segeralah melakukannya. Memiliki pembukuan adalah satu cara bagi pengusaha untuk mengetahui jumlah omzet yang diterima selama ramadhan, dan berapa keuntungan yang didapatkan selama ramadhan ini.

Mendapatkan omzet tinggi menjelang lebaran dan ingin melihat keuntungan yang diperoleh hanya bisa dilakukan dengan melakukan pembukuan yang baik. Tanpa pembukuan, Anda tidak akan pernah bisa melihat omzet yang Anda dapatkan selama ramadhan dan menjelang lebaran.

Engak ngerti akuntansi? Jangan khawatir. Sekarang jadi pengusaha tidak perlu mengerti akuntansi secara mendalam. Cukup luarnya saja, dalamnya biar serahkan ke Accurate Online yang akan membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis. Omzet menjulang tinggi menjelang lebaran, tak perlu pusing menghitung laba bersihnya. Serahkan semuanya ke Accurate Online.

Accurate Online merupakan software pembukuan berbasis cloud yang bisa di akses dimanapun dan kapanpun oleh pengusaha. Dengan tampilan dan fitur yang user friendly membuat Accurate Online sangat mudah digunakan oleh pengusaha apa saja, meskipun Anda tidak mengerti mengenai akuntansi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *