Logika Persamaan Akuntansi

Akuntansi berdasarkan diri prinsip-prinsip Persamaan Dasar Akuntansi yaitu:

HARTA = HUTANG + MODAL

Sisi kiri persamaan (Aset/Harta) mencerminkan nilai dan penggunaan dana, sedangkan sisi kanan (Hutang + Modal) mencerminkan nilai kewajiban dan pemerolehan Dana. Keseimbangan antara sisi kiri (Harta) dan sisi kanan (Hutang + Modal) harus selalu dijaga yang merupakan pilar dan konsep matematika di akuntansi. Persamaan akuntansi tersebut sangat masuk rasional karena setiap dana yang diperoleh harus dipertanggungjawabkan penggunaannya.

Persamaan akuntansi dirancang untuk menggambarkan elemen-elemen penting penggunaan dana dan perolehan dana.  Untuk kepentingan tersebut maka dikembangkan Persamaan Ekstensi Akuntansi (PEA) yang memasukan elemen aset, biaya, pengembalian ekuitas ke pemilik, hutang, ekuitas, dan pendapatan. Dengan demikian berikut difinisi (PEA) yaitu:

Aset + Biaya + Pengembalian Ekuitas = Hutang + Ekuitas + Pendapatan  

Setiap transaksi yang merupakan input akuntansi akan menyebabkan di satu (1) elemen atau lebih elemen PEA tersebut berubah nilainya.

Kesatuan Usaha

Salah satu Prinsip Akuntansi Bertime Umum (PABU) yang berlaku di akuntansi adalah konsep kesatuan usaha. Konsep kesatuan usaha memandang suatu perusahaan sebagai suatu entitas yang terpisah dari pemiliknya. Berlandaskan konsep kesatuan usaha ini maka akuntansi  menyajikan gambaran tentang perusahaan sebagai entitas yang berdiri sendiri, tidak tercampur dengan pemiliknya.

Dengan prinsip ini maka semua transaksi yang dicatat oleh akuntansi harus dipandang dari sudut pandang perusahaan. Dengan demikian akuntansi menyajikan hasil kinerja, posisi keuangan maupun informasi keuangan lainnya tentang perusahaan sebagai entitas yang berdiri sendiri yang terpisah dengan pemiliknya.

Meskipun aset yang dikuasai perusahaan berasal dari setoran pemilik tetapi aset tersebut sudah dibawah kendali perusahaan. Oleh karena itu semua transaksi yang terkait dengan pemanfaatan aset perusahaan baik yang berasal dari setoran pemilik maupun dari hutang harus dipandang sebagai aset perusahaan.

Jenis Jenis Transaksi

Dikaitkan dengan pihak-pihak yang terlibat transaksi dengan perusahaan, berikut jenis transaksi antara lain :

a. Transaksi dengan pemilik.

b. Transaksi dengan kreditur.

c. Transaksi dengan rekanan/pemasok.

d. Transaksi dengan pembeli/pelanggan.

e. Transaksi dengan karyawan.

f. Transaksi dengan pemerintah.

Devinisi Ekuitas

Mungkin kita lebih memahami pengertian aset dan hutang, namun tidak banyak dari kita yang sudah memahami pengertian ekuitas. Dalam perspektif akuntansi, ekuitas merupakan sumber pemerolehan dana yang berasal dari setoran pemilik (biasa disebut modal / modal saham) dan dari laba ditahan yang tidak dibagikan ke pemilik.

Biaya, Pendapatan dan Laba

Perusahaaan melakukan kegiatan bisnis untuk menghasilkan laba.Kegiatan utama bisnis dapat di klasifikasikan menjadi 2 (dua) yaitu kegiatan menggunakan dana dalam rangka menghasilkan produk / jasa, dan kegiatan memperoleh dana yang berasal dari penyediaan jasa atau penjualan produk. Kegiatan bisnis yang pertama memunculkan biaya, sedangkan kegiatan bisnis yang keduan memunculkan pendapatan. Dengan demikian, biaya merupakan salah satu jenis penggunaan dana, sedangkan pendapatan merupakan salah satu sumber pemerolehan dana.

Elemen biaya dan elemen pendapatan dibentuk agar akuntansi dapat menyajikan secara khusus informasi tentang hasil kegiatan bisnis perusahaan. Dan pada akhir peruode perusahaan menandingkan antara elemen biaya dan elemen pendapatan tersebut untuk mengetahui kinerja perusahaan (Laba / Rugi), Perusahaan memperoleh laba jika pendapatan lebih besar dari biaya, sebaliknya perusahaan mengalami rugi jika biaya lebih besar dibandingkan pendapatan.

Pengembalian Ekuitas

Pada situasi tertentu transaksi pengembalian ekuitas ke pemilik perusahaan dapat saja terjadi. Di perusahaan perseorangan dan persekutuan, pengembalian ekuitas terjadi ketika pemilik mengambil dana perusahaan untuk kepentingan pribadi pemilik yang diluar kepentingan perusahaan. Di perusahaan perseroan (PT), pengembalian ekuitas terjadi ketika perusahaan mengumumkan pendistribusian atau pembagian deviden.

Akuntansi memperlakukan transaksi pengembalian deviden dengan membentuk elemen khusus yang elemen pengembalian ekuitas (withdrawals). Elemen pengembalian ekuitas ini merupakan salah satu jenis penggunaan dana oleh perusahaan.

Aplikasi Persamaan Akuntansi

Input akuntansi adalah transaksi. Setiap transaksi akan selalu menyebabkan dua jenis perubahan dimana perubahan dapat bersifat menambah (+) atau bersufat mengurangi (-) minimal disatu elemen persamaan eksistensi akuntansi. Selanjutnya akuntansi harus selalu selalu menikuti pilar dasar matematika. Dengan demikian pencatatan akuntansi terhadap setiap transaksi harus selalu mempertahankan keseimbangan antara sisi penggunaan dana dan  dari sisi pemerolehan dana.

Untuk memudahkan pencatatan akuntansi agar selalu berimbang dan menghindari kesalahan pencatatan dapat menggunakan Software Akuntansi yang sudah tersedia dan sudah digunakan di banyak perusahaan.

Klik Info Software Akuntansi.

Software Akuntansi ACCURATE Desktop Versi 5