Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia dan Tujuannya

sumber daya manusia

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia dan Tujuannya

Indonesia adalah salah satu Negara yang masih mengalami kendala mengenai manajemen sumber daya manusia atau SDM –nya. Untuk hal ini bahkan pemerintah ikut bergerak dan fokus dalam pengembangan SDM sesuai dengan RKP atau Rancangan Kerja Pemerintah tahun 2019.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Boston Consulting Group (BCG) serta World Federation of People Management Associaations (WFPMA) telah ditemukan bahwa di Indonesia, masih kekurangan tenaga kerja professional sebanyak lebih dari 50% di tahun 2020 mendatang.

Menurut sebuah penelitian kecil yang diadakan oleh SWA mengenai permasalahan masih sedikitnya sumber daya manusia yang mumpuni, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Masalah pengembangan sumber daya manusia
  • ketertarikan karyawan sebagai aset sumber daya manusia
  • perencanaan kesuksesan pemimpin
  • Budaya yang berkembang di perusahaan
  • Hubungan industrial
  • Manajemen yang mengatur karyawan yang memiliki latar belakang yang berbeda satu sama lain
  • Pengembangan dan implementasi organisi sasi baru
  • pengarahan dan training jika ada teknologi penunjang yang akan dipakai perusahaan.

Hal ini tentu cukup memprihatinkan,adahal banyak perusahaan besar maupun rintisan yang mengeluarkan dana khusus untuk proses perekrutan sumber daya manusia terbaik yang diharapkan mampu memberikan kontribusi besar kepada perusahaan. Sumber daya yang berkualitas tersebut tidak hanya memberi kontribusi ke perusahaan dengan dedikasi dan inovasi di depan meja kerjanya, namun juga menjadi aset besar perusahaannya. Karena mereka memiliki kemampuan intelektual, keahlian dan keterampilan, moral dan motivasi yang tinggi, dan sebagainya.

Itulah pentingnya memiliki sumber daya manusia yang mumpuni bagi suatu perusahaan namun bagaimana dengan manajemen sumber daya manusia?

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia dan Tujuannya

Telah disebutkan seberapa penting sumber daya manusia yang unggul dan mumpuni untuk membantu kemajuan suatu perusahaan. Namun untuk mengatur para SDM tersebut diperlukan sebuah ilmu manajemen khusus yang disebut Manajemen Sumber Daya Manusia.

Melayu SP Hasibuan menjelaskan pengertian manajemen sumber daya manusia sebagai ilmu dan strategi yang mengatur peran antar SDM di dunia kerja sehingga tercipta suasana kerja yang efektif, efisien dan mampu mencapai tujuan bersama di perusahaan. Dengan menggunakan ilmu manajemen tersebut, akan ada kebijakan – kebijakan yang terpenuhi bagi para pekerja seperti pelatiha kerja, kompensasi dan bonus, syarat rekrutmen dan sebagainya. Inti dari manajemen sumber daya manusia ini adalah strategi yang berisi proses mulai dari perekrutan, pelatihan, pengarahan, hingga pengelolaan sumber daya manusia di dalamnya sehingga perusahaan mampu mencapai target dan tujuan dengan lebih efektif serta efisien.

Manajemen Sumber daya Manusia Menjaring Talenta Paling Menonjol

Adanu manajemen sumber daya manusia memungkinkan perusahaan untuk menyaring beberapa talenta – talenta yang paling menonjol dan menciptakan lingkup kerja yang kondusif. Berikut beberapa alasan pentingnya manajemen sumber daya manusia dalam menjaring dan menumbuhkan talenta unggul dalam perusahaan:

  • Memunculkan Talenta Terbaik

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia dan Tujuannya

Dengan bimbingan dari manajemen sumber daya manusia yang tepat, perusahaan dapat menemukan bibit – bibit talenta terabik yang sap bekerja untuk perusahaan.

  • Meningkatkan Performa Bisnis

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia dan Tujuannya

 

Jika karyawan semakin banyak dilibatkan, dilatih dan diarahkan, maka motivasi dn loyalitas mereka pun semakin terbentuk. Mereka akan menjadi lebih giat dalam meningkatkan performa bisnis.

  • Kepuasan Klien jadi Meningkat

Manajmene sumber daya manusia yang baik membuat kinerja para karyawan pun semakin baik. Sehingga performa mereka di depan klien pun akan meningkat sehingga klien semakin puas

  • Menemukan Keahlian Karyawan Sesuai Bidang Mereka

Dengan adanya manajemen sumber daya manusia yang tepat, maka dampaknya adalah perusahaan akan menemukan keahlian karyawan dan menempatkan dengan posisi yang paling sesuai dengan mereka

Pengaruh Manajemen Sumber daya Manusia Terhadap Strategi Bisnis

Dengan adanya manajemen sumber daya manusia, mungkin akan ada perubahan strategi bisnis yang akan terjadi. Hal ini dikarenakan bisnis atau perusahaan tersebut akhirnya menemukan seseorang yang pas dalam menempati posisinya.

Contohnya adalah sejarah perekrutan Angela Ahrendths, mantan CEO Burberry yang pernah di rekrut oleh Apple. Dengan bergabungya Ahrendths, perubahan strategi dalam bisnis berubah 360 derajat. Ahrendths memperlakukan semua karyawan Apple seperti layaknya pelanggan perusahaan. Ia sangat melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan apapun. HIngga akhirnya cara dia memimpin membuat Apple mencapai kemajuan performa bisnis sebesar 81%.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia di Perusahaan

Manajemen sumber daya manusia berhubungan dengan kriteria dan ketentuan mulai dari perekrutan hingga pengarahan pegawai. Aspek yang dipertimbangkan untuk pemilihan dan pengarahan tak hanya tentang intelektualitas pegawai, namun juga latar belakang dan karakter yang baik dan positif.

Ada banyak sekali tujuan mengapa manajemen sumber daya manusia di perusahaan itu penting, berikut beberapa diantaranya:

  • Penetapan Kebijakan serta Pertimbangan Menyangkut SDM

Manajemen sumber daya manusia berperan untuk memberi motivasi kepada para pegawai dan semua SDM yang ada di suatu perusahaan. Oleh karena itu, pegawai yang berperan sebagai tim manajemen sumber daya manusia berperan aktif untuk memberikan penetapan kebijakan dan juga berbagai pertimbangan yang mendukung personil sumber daya manusia agar tetap produktif dan positif.

  • Membantu Perusahaan Mencapai Target

Dengan terciptanya berbagai kebijakan yang berhubungan dengan kualitas sumber daya manusia, maka diharapkan akan menghasilkan situasi lingkungan kerja yang harmonis dan produktif. Dengan begitu, semua elemen dan personil sumber daya manusia akan membantu perusahaan dalam mencapa beberapa target perusahaan.

  • Aset Berharga untuk Mendukung Perusahaan

Personil sumber daya manusia adalah aset paling berharga bagi perusahaan. Maka dari itu adanya tim penyusun strategi manajemen sumber daya manusia ini diharapkan mampu memastikan bahwa perusahaan memiliki kualitas sumber daya manusia yang memadai karena SDM yang berkualitas memiliki etos kerja yang positif dan tinggi, loyal serta memiliki motivasi tinggi untuk bekerja dengan giat dan selalu inovatif.

  • Media Penyelesaian Masalah

 Salah satu masalah klasik yang terjadi di semua personil sumber daya manusia di perusahaan adalah merasakan kejenuhan dalam bekerja. Beberapa diantaranya bahkan mungkin merasa menjadi manusia yang tidak berkembang atau sesuai dengan peribahasa seperti katak dalam tempurung. Namun dengan adanya manajemen sumber daya manusia ini, semua masalah klasik diatas akan teratasi oleh tim manajemen SDM. Jika para personel sumber daya manusia selalu merasa positif di tempat kerja, pekerjaan serumit atau masalah sebesar apapun pasti akan lebih mudah menemukan solusi.

Salah satu contoh pelaksanaan kegiatan yang menumbuhkan vibrasi positif dari adanya manajemen sumber daya manusia adalah dengan adanya pelatihan atau workshop yang berhubungan  dengan pemasaran digital. Tujuan diadakannya workshop tersebut adalah memberikan edukasi kepada karyawan agar mereka mampu membantu perusahaan dalam melakukan pemasaran secara online dengan cara promosi yang kreatif dan inovatif. Adanya tim yang bekerja di balik meja manajemen sumber daya manusia juga akan membantu pemilik perusahaan agar menyusun acara yang santai tanpa meninggalkan atau mengurangi sisi edukatifnya.

Aplikasi Software Akuntansi Accurate Online (Web-Based) mengelola transaksi dan laporan keuangan perusahaan hanya dalam genggaman.

accurate online vs lite

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *