Definisi Dan Fungsi Sistem Ekonomi

Sistem merupakan suatu hal yang sangat penting dimana berfungsi untuk mengatur berbagai aspek agar lebih terstruktur. Oleh karena itu, segala bidang yang terdapat di suatu negara juga harus diatur dalam masing-masing sistem tidak terkecuali dalam bidang ekonomi. Penjelasan umum dari sistem ekonomi adalah cara yang digunakan dalam suatu negara yang berfungsi menyelesaikan berbagai masalah dalam bidang bidang ekonomi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, setiap negara menganut suatu sistem ekonomi yang berbeda-beda menyesuaikan kondisi dan situasi yang terdapat pada negara terkait. Agar lebih dalam mengenai pemahaman tentang sistem ekonomi, berikut ini merupakan beberapa penjelasan yang harus diketahui.

Pengertian Sistem Ekonomi

Sistem ekonomi memiliki pengertian yangluas karena terdapat beberapa ahli mengemukakan pendapatnya masing-masing. Sementara itu, pengertian secara umum dari sistem ekonomi adalah sebuah sistem yang berguna dalam mengelola segala bentuk aktivitas ekonomi dalam suatu masyarakat.

Menurut pengertian tersebut, system yang digunakan dalam suatu negara berlaku baik pada pihak pemerintahan maupun perusahaan atau instansi swasta. Karena menyangkut kepentingan bersama khususnya masyarakat, ketentuan dari sistem perekonomian harus didasarkan pada prinsip tertentu.

Dimana nantinya sistem ekonomi diharapkan mampu untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat umum. Sementara itu pengertian dari sistem ekonomi menurut para ahli dapat dipahami pada beberapa ulasan berikut ini.

  1. Gilarso

Sistem ekonomi memiliki pengertian yang dikemukakan oleh Gilarso adalah tata cara secara keseluruhan dalam mengoordinasi masyarakat yang berperan sebagai pelaku ekonomi. Baik yang berperan sebagai bank, konsumen, produsen, hingga pemerintahan serta yang lainnyadalam melaksanakan kegiatan ekonomi.

Adapun yang termasuk dalam kegiatan ekonomi adalah terdiri dari konsumsi, produksi, distribusi, hingga investasi serta kegiatan perekonomian lainnya dan lebih lanjut akan membentuk suatu kesatuan yang teratur dan dinamis.

  1. McEachern

Pengertian lain dari sistem ekonomi berdasarkan pendapat dari McEachern yaitu suatu perangkat mekanisme disertai dengan institusi yang berisi berbagai pertanyaan. Pertanyaan tersebut berkaitan dengan apa, bagaimana, serta kepada siapa baik barang maupun jasa yang dihasilkan nantinya.

  1. Dumatry

Pengertian dari sistem ekonomi menurut Dumatry yaitu sebuah system dimana fungsinya adalah mengatur serta menjalin hubungan antar individu yang berkaitan dengan ekonomi. Lebih lanjut sistem tersebut juga dilengkapi dengan adanya kelembagaan yang terdapat di dalam suatu ketahanan.

  1. Manu dan Gregory Grossman

Pendapat lainnya tentang pengertian sistem ekonomi dikemukakan oleh Gregory Grossman dan M. Manu yaitu sekumpulan unsur serta komponen yang beragam dan terdiri dari berbagai unit ekonomi. Komponen serta unsur tersebut juga mencakup beberapa lembaga perekonomian yang saling berinteraksi dan saling berhubungan sehingga nantinya akan dapat menopang serta mempengaruhi satu sama lain.

Fungsi Sistem Ekonomi

Perekonomian suatu negara akan berjalanlancar dan sesuai yang diharapkan dengan adanya peranan dari sistem ekonomi. Berdasarkan hal tersebut, sistem ekonomi tentu memiliki beberapa fungsisecara umum yaitu terdiri dari sebagai berikut ini.

  1. Sistem ekonomi berfungsi guna memberikan suatu dorongan dalam kegiatan produksi dalam suatu negara.
  2. Sistem ekonomi juga berguna dalam mengoordinasikan kegiatan individu secara menyeluruh berkaitan dengan bidang ekonomi.
  3. Sistem ekonomi memiliki fungsi dalam mengatur pembagian darihasil produksi terhadap seluruh anggota masyarakat. Dengan demikian kegiatan perekonomian akan dapat berjalan dengan baik serta sesuai dengan yang
  4. Sistem ekonomi juga berguna dalam menciptakan sebuah mekanisme tertentu terkait dengan distribusi dari produk baik berupa barang maupun jasa sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Jenis-Jenis Sistem Ekonomi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa sistem ekonomi yang dianut oleh negara-negara di dunia berbeda-beda. Berdasarkan hal tersebut, sistem ekonomi dapat dibagi menjadi beberapa jenis yang lebih lanjut akan dijelaskan pada ulasan-ulasan dibawah ini.

  1. Sistem Ekonomi Tradisional

Merupakan sistem yang diperoleh dari tradisi serta kebiasaan masyarakat secara turun temurun dianut dalam suatu organisasi kehidupan ekonomi. Selain itu, sistem ekonomi tradisional juga masih mengandalkan faktor produksi yang bersifat apa adanya. Sistem tradisional dapat dikenali dengan ciri-ciri yang dimilikinya.

Ciri-ciri yang terdapat pada sistem ekonomi tradisional adalah pembagian kerja yang belum jelas. Selain itu, umumnya sistem ekonomi tradisional masih bergantung pada sektor pertanian.

Sistem ekonomi tradisional juga ditandai dengan keterikatan tradisi sehingga juga bersifat kurang dinamis. Ciri-ciri yang terakhir dan sangat terlihat pada sistem ekonomi tradisional adalah teknologi yang digunakan masih sangat sederhana pada kegiatan produksinya.

Setiap sistem perekonomian tentu memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, tidak terkecuali pada sistem ekonomi tradisional. Dalam hal ini, sistem ekonomi tradisional memiliki kelebihan yaitu adanya rasa kekeluargaan yang lebih kuat dan juga sikap kejujuran saat memenuhi kebutuhan hidup.

Sementara itu, untuk kekurangan yang dimiliki oleh sistem ekonomi jenis ini adalah kurangnya peningkatan kesejahteraan masyarakat menuju ke arah yang lebih baik.

  1. Sistem Ekonomi Terpusat

Disebut juga dengan istilah sistem ekonomi sosialis dimana pengaturan dari kegiatan ekonomi didominasi oleh pemerintah negara terkait. Sistem ekonomi jenis ini dapat dikenali melalui ciri-ciri yang terdapat didalamnya.

Ciri-ciri yang pertama yaitu segala bentuk aktivitas dalam masyarakat baik berupa penetapan harga, produksi, konsumsi, dan distribusi akan diatur oleh pihak pemerintah.

Hal lain yang menjadi ciri khas dari sistem ekonomi jenis ini adalah tidak adanya pengakuan dari pemerintah terkait hak milik perorangan. Berdasarkan hal tersebut, pada sistem ekonomi terpusat tidak dikenaladanya kebebasan dalam menjalankan suatu usaha.

Selain itu, ciri-ciri yang lain dari sistem ekonomi jenis ini adalah seluruh peralatan produksi berada dibawah penguasaan negara. Adapun contoh negara-negara yang menganut sistem ekonomi ini terdiri dari Republik Rakyat Cina, Rusia, dan Negara Eropa Timur yaitu hasil pecahan dari Uni Soviet.

  1. Sistem Ekonomi Liberal

Dikenal juga dengan istilah sistem ekonomi kapitalis yaitu sistem ekonomi yang memberikan kebebasan sepenuhnya kepada seluruh masyarakat dalam pelaksanaan aktivitas ekonomi. Berdasarkan pengertian tersebut, sistem ekonomi jenis ini pemerintah tidak memiliki campur tangan dalam kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh seluruh rakyatnya.

Sistem ekonomi liberalis ditandai dengan adanya kebebasan bagi setiap individu untuk menjalankan kegiatan perekonomian. Ciri khas lainnya yang terdapat pada sistem ini yaitu juga terdapat kebebasan dalam memiliki barang kapital atau disebut juga dengan barang modal.

Selain itu, negara yang menganut sistem ekonomi jenis ini juga akan mengikat rakyatnya untuk mendapatkan keuntungan pribadi dalam menjalankan segala kegiatan perekonomian.

Berdasarkan ciri-ciri tersebut, dapat dikatakan bahwa pada sistem ekonomi liberalis pemerintah akan lepas tangan dalam segala bentuk pengambilan keputusan ekonomi dalam masyarakat. Adapun contoh dari negara-negara yang menganut sistem perekonomian ini adalah Kanada, Inggris, Amerika Serikat, Perancis, Irlandia, dan masih banyak lagi negara lainnya.

  1. Sistem Ekonomi Campuran

Merupakan sistem ekonomi hasil dari kombinasi antara sistem ekonomi terpusat dengan sistem ekonomi liberal. Berdasarkan pengertian tersebut, pada sistem ekonomi campuran pemerintah akan memberikan kebebasan sekaligus memiliki kewenangan untuk campur tangan dalam kegiatan ekonomi.

Adapun ciri-ciri dari sistem ekonomi jenis ini adalah terdapat batasan bagi pihak swasta dalam mengelola sektor yang berkaitan dengan harkat hidup orang banyak.

Selain itu, pemerintah juga berwenang dalam mengeluarkan berbagai kebijakan ekonomi untuk mengatur mekanisme pasar serta seluruh kegiatan ekonomi. Pemerintah juga akan mengakui adanya hak milik perorangan yang tidak merugikan kepentingan masyarakat umum.

Itulah pengetahuan seputar sistem ekonomi beserta fungsi dan jenis-jenisnya yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.