Pentingnya Menguasai Ilmu Akuntansi bagi Wirausaha

Apakah Anda saat ini sedang menjalankan suatu bisnis atau usaha? Jika benar, maka ada hal-hal yang harus Anda pahami sebagai wirausaha. Di antaranya ilmu-ilmu tentang keuangan seperti ilmu akuntansi. Mengapa Anda harus menguasai ilmu akuntansi tersebut? Ini dikarenakan dengan paham akan ilmu akuntansi, maka Anda bisa tahu perusahaan Anda tersebut akan Anda bawa ke mana.

Akan tetapi, walaupun ilmu akuntansi tersebut masih Anda kuasai dasar-dasarnya saja, namun itu dirasa sudah cukup. Hal tersebut dikarenakan tanpa mengetahui dan memahami ilmu akuntansi, maka Anda akan merasa kesulitan di dalam mengelola urusan keuangan perusahaan. Jadi di sinilah pentingnya tentang mengetahui ilmu akuntansi bagi wirausaha seperti Anda.

Pelaku Usaha Wajib Pahami Ilmu Akutansi

Selain itu setiap usaha atau bisnis yang Anda jalankan tentunya selalu membutuhkan yang namanya perhitungan. Nah, perhitungan-perhitungan itulah yang hanya bisa dilakukan dengan menggunakan ilmu akuntansi. Hal tersebut dikarenakan usaha atau bisnis tidak akan pernah lepas dari akuntansi.

Lalu apa alasannya yang menyebabkan ilmu akuntansi wajib dipahami oleh pelaku usaha? Berikut ini akan kami kupas satu per satu alasan-alasan pentingnya memahami ilmu akuntansi bagi wirausaha. Alasan di bawah ini berlaku bagi semua wirausaha. Mulai dari usaha yang sudah besar dan berkembang atau bagi wirausaha yang sedang menjalankannya dari awal atau wirausaha pemula. Berikut ulasannya untuk Anda.

  1. Ilmu Akuntansi sebagai Perencana Anggaran

Alasan yang pertama mengapa Anda harus menguasai ilmu akuntansi yakni karena sebelum Anda membangun sebuah usaha atau bisnis tentunya Anda harus melakukan perencanaan terkait jumlah anggaran yang akan dipakai. Baik itu perencanaan harian, perencanaan mingguan, perencanaan bulanan ataupun perencanaan tahunan. Semuanya haruslah terencana dengan baik.

Apabila misalnya Anda mempunyai bisnis atau usaha pada bidang produksi, maka perencanaan terkait anggaran juga bisa dijadikan sebagai acuan berapa jumlah uang yang harus Anda keluarkan sebagai gaji untuk para karyawan pada jam kerja tertentu. Dengan begitu, Anda dapat memiliki gambaran terkait kebutuhan jumlah gaji untuk para karyawan yang harus dibayarkan.

Perencanaan anggaran tersebut bukanlah digunakan untuk acuan terhadap gaji karyawan saja. Akan tetapi juga sebagai acuan perencanaan keuangan untuk seluruh aktivitas usaha. Misalnya untuk membeli bahan baku, beban produksi, dana operasional serta beban administrasi yang semuanya harus memiliki perencanaan dengan matang.

  1. Ilmu Akuntansi sebagai Sistem Pembukuan

Wajib hukumnya bagi para wirausaha untuk bisa menguasai ilmu akuntansi yang berkaitan dengan pembukuan pada suatu perusahaan. Hal tersebut dikarenakan ada banyak pengusaha, terutama para pengusaha yang masih pemula yang hanya terfokuskan untuk memikirkan bagaimana caranya untuk bisa meningkatkan omzet penjualan. Akan tetapi mereka lupa dengan pembukuan yang disusun dengan rapi.

Dari adanya pembukuan tersebutlah yang nantinya bisa membantu Anda untuk membuat sebuah laporan keuangan secara baik dan benar. Hal tersebut dikarenakan seluruh pencatatan yang telah dilakukan pada pembukuan akan Anda jadikan sebagai acuan Anda ke depannya untuk membuat laporan keuangan pada akhir periode.

Sistem pembukuan bagi para pemilik usaha kecil ada yang rumit dan juga ada yang sederhana. Akan tetapi, sangat disarankan supaya Anda punya 3 jenis pembukuan yang sederhana. Mulai dari pembukuan kas keluar, kas masuk serta pembukuan kas keluar masuk.

  1. Ilmu Akuntansi sebagai Perencana Laba Rugi

Di mana saja kegiatan yang paling akhir dari aktivitas akuntansi yakni mengetahui tentang laba dan rugi yang diperoleh selama satu tahun, per semester, tiga bulan maupun satu bulan akan dapat dilihat dari laporan keuangan laba rugi. Selain itu, pentingnya ilmu akuntansi itu juga bisa Anda pakai di dalam memproyeksikan jumlah laba yang diinginkan pada suatu periode.

Di dalam ilmu akuntansi juga ada cost volume profit yakni jumlah laba dapat Anda hitung dari jumlah biaya operasional dan biaya produksi, harga serta produk yang telah terjual. Akan tetapi, sistem tersebut masih sering dipakai di perusahaan-perusahaan yang sudah besar. Hal tersebut dikarenakan ilmu akuntansi ini mampu untuk mengidentifikasi rencana penjualan.

Apabila Anda menemukan suatu masalah di dalamnya, maka Anda sudah bisa menganalisa kembali dengan cara mencari titik masalahnya. Sedangkan bagi pengusaha UKM, maka bisa Anda pelajari ilmu akuntansi tersebut seiring dengan berjalannya bisnis Anda.

  1. Ilmu Akuntansi sebagai Alat Kontrol

Ilmu akuntansi juga sangat bermanfaat sebagai alat kontrol bagi usaha yang tengah Anda rintis. Ilmu akuntansi sebagai alat kontrol tersebut mulai dari pembukuan, laporan keuangan, sampai dengan penjurnalan. Hal tersebut dikarenakan laporan keuangan akan memberikan Anda gambaran sejauh mana perusahaan Anda berkembang.

Apabila hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan tujuan Anda di awal perencanaan, maka Anda bisa melakukan pengambilan keputusan yang lainnya supaya bisa lebih baik dalam mengembangkan usaha Anda sehingga menjadi lebih baik lagi dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

  1. Ilmu Akuntansi Mengajarkan Anda untuk Mengelola Arus Kas

Alasan yang terakhir mengapa Anda harus mempunyai penguasaan terhadap ilmu akuntansi yakni ilmu akuntansi tersebut akan mengajarkan kepada Anda bagaimana mengelola arus kas perusahaan. Hal tersebut dikarenakan setiap usaha yang dijalankan tentunya selalu punya arus kas.

Nah, arus kas itu sendiri punya tujuan supaya jumlah pengeluaran serta pemasukan yang diperoleh dalam suatu periode bisa diketahui dengan jelas. Lalu mengapa para wirausaha wajib untuk mempelajari ilmu akuntansi? Hal tersebut dikarenakan arus kas sendiri bisa dijadikan sebagai laporan pertanggungjawaban atau LPJ terkait penggunaan uang perusahaan selama periode tertentu.

Selain itu juga untuk mengetahui apakah cara dalam penggunaan arus kas tersebut sudah benar atau bahkan masih belum baik sama sekali. Maka itu bisa Anda pantau dari laporan arus kas yang dibuat.

Sedangkan apabila arus kas perusahaan lebih banyak digunakan untuk pengeluaran, maka sebaiknya Anda dapat mengontrolnya. Nah, di sinilah peran penting ilmu akuntansi yang wajib dikuasai oleh wirausaha. Hal tersebut supaya Anda dapat mengetahui sudah seberapa jauh arus kas yang digunakan.

Apabila jumlah pengeluarannya berlebihan, sedangkan jumlah pengeluaran tersebut tidak terlalu dibutuhkan oleh perusahaan, maka untuk periode yang selanjutnya Anda harus sudah bisa mengontrol pengeluaran tersebut. Arus kas tersebut juga yang bisa Anda jadikan sebagai acuan kesuksesan dari berjalannya suatu usaha di dalam kesehariannya.

Selain itu, arus kas juga bisa dijadikan sebagai alat indikasi apakah usaha yang sedang Anda jalankan tersebut telah berhasil atau bahkan masih berjalan stagnan serta tidak ada progres sama sekali.

Nah, jadi itulah tadi alasan-alasan betapa pentingnya ilmu akuntansi dikuasai dan dipahami oleh wirausaha. Dengan begitu, tentunya Anda bisa menjalankan usaha Anda dengan lebih bijak dan bisa mempengaruhi Anda dalam pengambilan sebuah keputusan. Semoga artikel tentang pentingnya ilmu akuntansi bagi wirausaha di atas dapat membantu Anda dalam mengembangkan usaha yang lebih baik dari yang sebelumnya agar perusahaan Anda meraih tujuan yang diinginkan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *