IDE USAHA BISNIS RUMAHAN YANG VIRAL dan MENGUNTUNGKAN

Kebutuhan manusia lambat laun menjadi semakin bertambah seiring berkembangnya jaman. Bahkan kebutuhan yang dulunya tersier, kini menjadi kebutuhan primer. Sebut saja pulsa, ponsel pintar dan alat-alat elektronik lainnya yang sangat diperlukan di jaman seperti sekarang ini.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, terkadang gaji dari pekerjaan tetap di perusahaan pun kurang. Oleh karena itu, banyak orang yang memutar otaknya agar kebutuhan mereka tetap terpenuhi. Bukan dengan jalan kredit, namun dengan cara lain.

Bisnis Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

Salah satu cara yang dilakukan banyak orang adalah dengan membuka usaha sampingan. Ya, usaha sampingan atau usaha rumahan ini kerap dipandang sebelah mata, namun kalau diteliti, rupanya cukup untuk menambah penghasilan utama.

Berbisnis rumahan ini sering dilakukan oleh para ibu untuk tambahan penghasilan. Ketika sang suami sedang pergi bekerja di kantor dari pagi hingga sore hari, para ibu yang berada di rumah juga melakukan sesuatu yang produktif, yaitu dengan bisnis rumahan ini. Dengan kerja sama tersebut, kebutuhan ekonomi rumah tangga akan terpenuhi.

Apabila Anda tertarik untuk melakukan bisnis rumahan ini, jangan langsung membeli barang-barang untuk dijual ya. Rencanakan secara rinci dulu business plan yang akan Anda terapkan. Meskipun bisnis rumahan ini termasuk bisnis yang bermodal kecil, namun Anda tidak boleh meremehkannya.

Tips untuk Berbisnis Rumahan

Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan serta tips yang dapat kami sarankan kepada Anda mengenai berbisnis rumahan. Tips tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pilih Bisnis yang Cocok

Sebaiknya, pilih bisnis yang Anda suka dan kuasai. Menjalankan bisnis yang sesuai dengan hati dan keahlian Anda, akan membuat Anda lebih bersemangat dalam menjalankan usaha.

Namun, perhatikan juga peluang pasar. Misalnya, jika Anda ingin berbisnis roti rumahan, maka pilihlah roti yang sekiranya memiliki banyak peminatnya agar Anda lebih mudah memasarkannya.

  1. Pastikan Keluarga Setuju

Mintalah dukungan dari keluarga yang ada di rumah. Pastikan mereka setuju dengan rencana Anda, atau malah mau membantu Anda dalam bisnis rumahan ini.

Sebab jika ada satu orang saja yang tidak mendukung, maka konflik bisa terjadi setiap hari. Akibatnya, Anda tidak bisa fokus dan maksimal dalam mengembangkan bisnis Anda.

  1. Siapkan Modal Usaha

Hitung secara terperinci apa saja yang Anda butuhkan dan berapa biayanya. Meliputi biaya untuk bahan baku, peralatan kerja, kemasan produk, dan sebagainya.

Tanpa modal yang cukup, Anda akan kesulitan dalam menjalankan usaha. Maka sebelum memulai usaha rumahan ini, Anda perlu menyiapkan modalnya.

  1. Promosikan Secara Online

Anda bisa memperluas pasar bisnis Anda dengan bantuan internet. Sehingga orang-orang dari mana saja bisa mengetahui keberadaan bisnis Anda dan menjadi pelanggan Anda.

Maka dari itu, manfaatkan pemasaran online sebaik mungkin. Gunakan website dan media sosial untuk mempromosikan usaha rumahan Anda.

  1. Tetapkan Visi dan Misi

Jangan anggap remeh bisnis rumahan. Meski terbilang bisnis skala kecil, usaha Anda bisa berkembang pesat dan menghasilkan keuntungan yang besar.

Produk Anda pun bisa sukses dipasarkan hingga ke luar kota. Asalkan, Anda menyiapkan visi dan misi sedari awal agar Anda punya tujuan dan target yang jelas ke depannya.

  1. Mencatat Keuangan

Walau Anda cuma menjalankan usaha sekelas rumahan, Anda pun wajib mencatat keuangan harian agar Anda bisa merencanakan keuangan dengan baik.

Ingat, keberlangsungan bisnis sangat bergantung pada uang. Jika keuangan Anda berantakan, Anda akan kesusahan untuk mengatur biaya usaha di bulan-bulan berikutnya.

  1. Perluas Jaringan Bisnis

Guna meningkatkan penghasilan, Anda perlu memperluas jaringan bisnis. Anda bisa bekerja sama dengan bisnis lain untuk menjual produk Anda.

Misalnya, jika Anda memasarkan produk dodol, Anda bisa bekerja sama dengan toko-toko tertentu yang dapat menjual produk buatan Anda tersebut.

Ide-ide Usaha Bisnis Rumahan

 Berikut ini akan kami rekomendasikan beberapa contoh usaha yang dapat Anda jadikan referensi dalam berbisnis rumahan. Contoh di bawah ini sudah dijamin berhasil apabila diterapkan pada lingkungan yang cocok dan perencanaan yang baik.

  1. Usaha Print Foto dan Stiker

Salah satu jenis usaha modal kecil yang bisa dicoba adalah dengan membuka jasa print foto dan stiker. Bahkan jika Anda telaten, Anda bisa memulai bisnis ini tanpa modal.

Caranya dengan membuat komputer dan printer di rumah menjadi lebih produktif. Pilih lokasi yang dekat dengan kantor layanan pemerintah ataupun lembaga pendidikan. Jika Anda punya kamera akan lebih baik.

  1. Buka Cucian Motor

Coba lihatlah sekeliling Anda, hampir semua orang menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan harian. Sementara karena berbagai kesibukan sangat jarang orang yang memiliki cukup waktu dan tenaga untuk mencuci motornya sendiri.

Jika kita jeli, hal tersebut merupakan peluang usaha yang tidak pernah kehilangan konsumen. Ya, Anda bisa memulai bisnis Anda dengan membuka cucian motor.

Anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah atau mencari tempat strategis untuk mendirikan usaha tersebut.  Anda pun tak membutuhkan modal yang terlalu besar untuk memulainya. Manfaatkan relasi Anda di kantor, atau teman-teman Anda untuk menjadi pelanggan.

  1. Jasa Penerjemah

Anda punya kemampuan berbahasa inggris atau bahasa asing lain? Membuka jasa terjemah bisa menjadi pilihan usaha sampingan lho. Bahkan bisa dimulai tanpa modal.

Anda bisa tawarkan jasa penerjemah untuk pembuatan kata pengantar pada skripsi, thesis atau disertasi. Selain itu, untuk menambah jejaring Anda bisa juga bergabung dengan platform penerjemah berbasis online.

  1. Jasa Pengetikan

Anda bisa bergabung dengan berbagai platform yang menyediakan proyek pengetikan yang akan membantu memasarkan jasa Anda secara online. Dengan bisnis ini, Anda dapat memperoleh uang tambahan tanpa harus keluar banyak keringat.

Jika Anda rasa kurang, membuka bisnis semacam ini di area kampus akan lebih menjanjikan lagi. Mahasiswa yang dikejar dedline tugas makalah atau skripsi adalah target pasar Anda.

  1. Toko Kelontong

Jangan memandang sebelah mata usaha yang satu ini. Meskipun sekilas memberikan margin keuntungan yang kecil, namun ini adalah usaha rumahan yang tak akan pernah sepi pembeli.

Setiap hari semua keluarga mengalokasikan sejumlah uangnya untuk berbelanja di warung kelontong semacam ini. Jadi ini adalah usaha rumahan dengan prospek yang lumayan bagus.

  1. Membuka Kedai Kopi

Anda bisa menyulap halaman depan rumah menjadi kedai dengan menambahkan tenda, meja besar sebagai tempat meracik kopi, dan beberapa kursi.

Bisnis kedai kopi akhir-akhir ini sedang naik daun karena peminat kopi kian banyak. Apalagi jika di daerah Anda banyak anak muda. Membuka kedai kopi saat malam tiba bisa menjadi penghasilan tambahan yang menggiurkan.

Sebagai daya tarik, Anda bisa membuat mini acara seperti nonton bareng petandingan sepak bola ataupun sekedar diskusi kecil-kecilan. Sajikan juga menu-menu pendukung seperti gorengan, roti bakar, atau yang lainnya.

Untuk menjaring semakin banyak pelanggan, Anda bisa menambah varian minuman seperti susu murni, susu jahe, dan lain sebagainya.

Demikianlah artikel mengenai berbisnis rumahan yang menguntungkan. Apabila Anda tertarik untuk membuka bisnis kecil-kecilan di rumah, Anda bisa menggunakan artikel ini sebagai referensi dan tips-tips untuk memulai bisnis dari awal. Ingat, pahami dulu dasar dan bagaimana cara bisnis itu berjalan, kemudian barulah mulai bekerja.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *