Apa yang Dimaksud Dengan Stock Opname?

Apakah Anda pernah mendengar tentang istilah Stock Opname? Bukan, ini bukan opname yang biasanya dilakukan di rumah sakit, alias rawat inap. Stock opname ini adalah salah satu istilah di bidang akuntansi dan bisnis, yang merupakan hal krusial untuk keberlangsungan perusahaan.

Bagi pelajar atau mahasiswa yang berkecimpung dalam jurusan akuntansi, sudah jelas tidak asing lagi dengan istilah stock opname. Juga dengan para pengusaha atau karyawan tetap perusahaan yang mengurusi bidang gudang dan persediaan.

Perlu Anda ketahui bahwa stock opname sangatlah penting bagi perusahaan. Apabila tidak ada stock opname, alur perusahaan bisa kacau dan perusahaan tidak bisa mengatasi permasalahan yang akan datang. Sebegitu pentingkah stock opname?

Pada kali ini kami akan membahas mengenai definisi dari stock opname, juga hal-hal yang terkait dengan istilah tersebut. Apabila Anda seorang yang berkecimpung dalam bidang pergudangan atau akuntansi, Anda tidak boleh melewatkan ulasan dari artikel ini!

Definisi Stock Opname

Stock opname adalah kegiatan penghitungan persediaan secara fisik yang ada di gudang. Perlu diingat bahwa persediaan yang dihitung di sini adalah persediaan yang kemudian nantinya akan layak jual. Stock opname ini bertujuan untuk mengkonfirmasi nominal yang ada di catatan pembukuan staf akuntansi.

Dengan mencocokkan jumlah persediaan yang ada di gudang dengan catatan pembukuan si akuntan, akan tercipta keakuratan pembukuan. Selain itu, stock opname juga bertujuan untuk mengecek apakah ada barang yang hilang atau tercuri. Karena itu bisa dibuktikan apabila catatan pembukuan dan stock opname tidak menunjukkan nominal yang sama.

Stock opname juga bisa dipergunakan sebagai media untuk menguji keakuratan karyawan akuntan Anda. Apabila terdapat satu-dua transaksi yang lalai dicatat, maka itu menunjukkan akuntan Anda kurang teliti dalam bekerja dan Anda bisa menegurnya.

Apabila Anda melakukan kegiatan stock opname dan ternyata hasilnya berbeda dengan buku pembukuan, terdapat dua cara untuk menyelesaikannya. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

  • Apabila barang secara fisik kurang, maka Anda bisa membuat jurnal penyesuaian atas kekurangan barang.
  • Anda juga bisa membebankan kekurangan barang tersebut kepada petugas stock opname, agar Anda tidak perlu mengubah jurnal keuangan dan petugas stock opname Anda bisa lebih teliti dan berhati-hati.

Manfaat dari Kegiatan Stock Opname

Stock Opname memiliki berbagai manfaat untuk perusahaan yang Anda jalani. Mau itu perusahaan kecil atau besar, stock opname tetap berperan besar. Jadi, jangan remehkan kegiatan stock opname. Berikut ini adalah beberapa manfaat stock opname:

  • Mengetahui kondisi barang di gudang secara pasti.
  • Meminimalisir penyimpangan terhadap barang, baik itu kekurangan atau kelebihan.
  • Bisa untuk tidak lanjut secara cepat jika ada barang hilang atau kekurangan barang, sehingga tidak sampai terjadi stok barang menjadi kosong.
  • Mengetahui secara pasti arus masuk dan keluar barang secara pasti.
  • Dapat digunakan sebagai analisis tahun-tahun sebelumnya sehingga perkembangan perusahaan bisa diketahui.

Rekomendasi Frekuensi Stock Opname

Seberapa sering Anda melakukan stock opname, itu semua tergantung Anda. Biasanya, banyak perusahaan yang melakukan stock opname tiap tahun atau tiap 12 bulan. Namun ada juga yang melakukan stock opname tiap perkuartal atau 4 bulanan, dan juga triwulan alias 3 bulanan. Bahkan yang melakukan tiap bulan pun ada.

Perlu digaris bawahi bahwa proses stock opname itu tidak sebentar dan tidak mudah, apalagi jika perusahaan Anda termasuk yang sudah besar dan memiliki banyak produk. Maka dari itu Anda harus menimbang-nimbang keputusan frekuensi kegiatan stock opname ini secara bijak.

Akhir-akhir ini, karena adanya perkembangan teknologi, kini pengecekan barang di gudang sudah bisa dilakukan dengan mudah. Dengan bantuan barcode, proses stock opname bisa sedikit meringankan kerja petugas stock opname Anda.

Tahap-tahap Stock Opname

Tahap Awal

Tahap awal ini dilakukan jauh sebelum stock opname dilakukan. Biasanya sekitar satu minggu sebelum prosesnya. Tahap awal ini adalah sebagai berikut:

  • Menginstruksikan orang gudang untuk merapikan stok dengan menatanya sesuai kode dan jenis barang, sehingga pada saat melakukan stock opname tidak terjadi kerancuan karena masalah lokasi barang yang tidak beraturan.
  • Menginstruksikan bagian gudang untuk menyiapkan tag/stiker yang digunakan untuk memberi tanda stok yang telah dihitung nantinya pada saat stock opname.
  • Menginstruksikan bagian gudang untuk melengkapi stok gudang dengan barcode yang sesuai dengan program. Jadi setiap barang yang ada di gudang harus dilengkapi dengan kode barang, ini untuk memudahkan tim penghitung pada saat dilakukannya proses stock opname.
  • Menginstruksikan bagian gudang untuk menyiapkan stiker dengan tulisan “TIDAK DIHITUNG”. Stiker ini nantinya digunakan untuk barang-barang yang tidak perlu dihitung pada saat dilakukannya stock opname.

Tahap Persiapan

Tahap persiapan ini sudah lebih dekat dengan hari stock opname. Biasanya dilakukan sehari sebelum hari H nya. Tahapan persiapan ini terdiri atas:

  • Menginstruksikan bagian gudang untuk menghentikan mutasi barang terhitung sejak tutupnya jam operasional sampai dengan selesainya proses stock opname.
  • Menginstruksikan bagian gudang untuk melengkapi inputan terkait mutasi barang sampai dengan jam tutup operasional.

Tahap Stock Opname

Nah, di sinilah Anda mulai bekerja untuk melakukan stock opname. Berikut ini adalah hal-hal penting yang harus Anda lakukan dalam kegiatan stock opname:

  • Memastikan kembali semua transaksi sudah ter-input semua ke program.
  • Print semua stok dari program sebagai pedoman stok. Hasil print ini kemudian dibagikan kepada bagian akuntansi di masing-masing tim stock opname.
  • Jangan sampai orang gudang menerima hasil print tersebut. Orang gudang tentunya tidak boleh tahu stok versi program pada saat melakukan penghitungan.
  • Proses stock opname mulai berjalan, setiap stok yang sudah dihitung diberi tanda agar tidak terjadi dobel penghitungan. Biasanya diberi dengan stiker kecil yang kentara.
  • Setiap lembar stok yang telah penuh, kemudian diisi dengan hasil opname. Lalu diserahkan ke bagian tim input untuk mulai disalin ke excel.
  • Format excel yang digunakan ini harus bisa menunjukkan perbandingan stok versi program dengan hasil stock opname, sehingga bisa diketahui stok mana saja yang terjadi selisih.

Kemudian setelah proses stock opname selesai, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah pengecekan ulang apabila ada stok yang selisih. Cek kembali apakah terjadi salah hitung atau memang ada selisih dalam stok. Setelah semua proses selesai, maka hasil stock opname tersebut diserahkan ke bagian akuntansi.

Sampai pada tahap tersebut, prosedur stock opname bisa dikatakan telah selesai. Anda pun sudah bisa beranjak dari tempat dan melaporkan kepada atasan Anda.

Demikianlah pembahasan kami mengenai stock opname. Kami sudah mengulas mulai dari definisi, manfaat, tujuan hingga tahap-tahap dalam stock opname. Bagaimana, apakah Anda sudah mulai paham betapa pentingnya stock opname dalam usaha Anda?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *