Tips Ternak Lele Bagi Pemula

Untuk Anda seorang pemula dalam menjalankan bisnis dengan modal yang pas-pasan maka Anda tidak perlu khawatir karena terdapat banyak bisnis yang dapat Anda jalani. Salah satunya ialah ternak lele yang mana peluang nya pun sangat besar.

Manfaat Membudidayakan Ikan Lele

Ikan lele adalah salah satu jenis ikan tawar yang sangat kaya akan nutrisi bahkan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Ikan lele sendiri mempunyai daging yang lembut dan mengandung beragam zat yang sangat penting bagi tubuh seperti kalori dengan jumlah 122 kalori, protein, dan juga rendah lemak.

Untuk protein yang berada di dalam ikan lele sangat banyak 15,6 gram dan protein ini mampu memenuhi kebutuhan manusia akan asam amino. Bahkan tak inginkan lele mengandung vitamin b12 yang mana pada satu ekornya terkandung sebanyak 40% vitamin b12 yang sangat berguna untuk menambah energi.

Ikan lele sendiri adalah ikan yang sangat rendah merkuri dengan mempunyai asam lemak omega dengan kadar 875 mg, yakni asam lemak omega-6 serta asam lemak omega-3 yang berjumlah 220 mg. Kedua asam lemah tersebut adalah sifat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia karena mampu menjaga kesehatan jantung.

Nah, bagi Anda yang berniat untuk membudidayakan ikan lele maka anda pun harus mengetahui bagaimana cara yang benar sehingga kandungan nutrisi dari ikan lele pun tidak akan berkurang.

Tahap-Tahap Sukses Dalam Membudidayakan Lele

Dalam membudidayakan ternak lele yang sangat mengandalkan ketekunan dan keseriusan Anda harus merawat ikan lele secara rutin. Anda pun tidak boleh melupakan perhitungan mengenai rencana dan juga prediksi keuangan sehingga mampu mengembangkan bisnis ikan lele yang tengah Anda jalankan.

Keahlian tertentu dalam membudidayakan ikan lele asalkan jika anda mempunyai keseriusan dan ketekunan maka anda dapat berjalan dengan lancar. Butuh beberapa langkah yang diwajibkan untuk Anda lalui ketika mengawali budidaya ternak lele, antara lain:

·         Membuat kolam ternak lele terlebih dahulu

Untuk tahapan yang pertama adalah pembuatan kolam lele, pastikan Jika Anda memilih tempat yang sangat jauh dari lingkungan pabrik sehingga air dari kolam lele tidak akan terkontaminasi dari adanya polusi dan limbah pabrik tersebut. Kolam renang diharuskan mempunyai suhu di antara 20° Celcius sampai 28° Celcius. Keadaannya jauh lebih tenang dengan air kolam yang keruh serta mempunyai warna hijau berlumut.

Kolam lele sendiri harus diisi air dengan cara yang cukup dari permukaan apabila dangkal maka hal tersebut akan mengakibatkan lele mati karena kepanasan. Anda pun bisa menambahkan tanaman seperti halnya eceng gondok atau kental sehingga mampu menyerap racun air dan memberikan keteduhan.

·         Pilih indukan dengan kualitas baik

Untuk tahapan yang selanjutnya ialah harus memilih bibit yang memiliki kualitas baik mempunyai ciri-ciri fisik ikan lele mempunyai perut yang ramping, tulang kepala yang pipih, serta warna yang jauh lebih gelap, dan yang pasti bergerak dengan lincah dan yang pasti mempunyai alat kelamin yang berbentuk runcing.

Sedangkan untuk bibit betina mempunyai ciri-ciri perut yang jauh lebih besar dibandingkan punggungnya, mempunyai kepala yang cembung, gerakannya cenderung lebih lambat, serta bentuk kelaminnya bulat.

·         Mengetahui bagaimana proses pengawinan ikan lele

Akan jauh lebih baik jika anda memperhatikan ciri-ciri dari setiap lele yang siap kawin Jika dilihat dari warna kelaminnya, di mana untuk kesehatannya akan mempunyai warna yang cenderung merah serta betina memiliki warna yang cenderung kuning. Apabila sel telur sudah dibuahi beserta benih lele pun telah menetas maka Anda perlu memisahkan benih-benih tersebut.

·         Melakukan pengembangbiakan ikan lele

Untuk langkah yang pertama Anda harus mempersiapkan ember yang berisi dengan air kolam agar mampu menampung benih lele sebelum dipindahkan ke kolam sebab apabila dipindahkan ke kolom secara langsung maka penelepon dapat mengalami stress sehingga mengakibatkan cepat mati.

Sebelumnya kolam pun juga harus dibersihkan terlebih dahulu lalu letakkanlah ember ke dalam kolam pada waktu malam ataupun pagi hari sesudah air kolam tersebut dikurangi sampai 20 cm. Jangan memindahkan ember tersebut dari kolam dan tunggulah sampai 24 jam agar benih dari ikan lele tersebut mampu beradaptasi dengan kolam tersebut.

·         Cara pemeliharaan ikan lele

Ketika Anda memutuskan membudidayakan ternak lele maka Anda pun juga harus mengetahui bagaimana pemeliharaan ikan lele tersebut dengan cara memperhatikan serta menjaga agar lingkungan kolam selalu bersih. Kemudian Anda harus memberi pakan yang sehat serta kualitas yang baik bagi lele.

Untuk pemberian dari pakan dilakukan tiga kali dalam sehari yakni di pukul 7 pagi, 5 sore dan yang terakhir adalah 10 malam. Jika terdapat beberapa ikan lele yang bergerak dengan lincah yang menggerakkan kepalanya maka anda bisa menambah pakan bagi ikan lele tersebut.

·         Ikan lele harus dipisah jika ada yang siap panen

Anda pun harus memisahkan ikan lele yang siap dipanen lalu bagaimana ciri-ciri ikan lele yang siap dipanen? Lele yang siap dipanen memiliki ciri fisik yang berbeda dimana ukuran dari lele dimulai dari 5 sampai 7 cm, atau ukuran 9 sampai 12 cm. Hal ini dikarenakan ukuran-ukuran tersebut iyalah yang paling dicari oleh kebanyakan orang.Selain itu warna dari air kolam pun berubah menjadi kemerahan ketika lele telah siap dipanen.

Kelebihan Saat Melakukan Budidaya Ikan Lele

·         Bisa beradaptasi dengan mudah

Tak dapat dipungkiri Jika ikan lele adalah salah satu ikan tawar yang paling mudah melakukan adaptasi. Namun pada dasarnya Anda juga harus membuat kolam yang mempunyai kedalaman yang tepat bagi beberapa jumlah bibit lele yang anda budidayakan. Ikan lele dapat hidup di kolam yang memiliki lapisan semen, terpal, ataupun sekedar tanah atau empang saja. Di mana ikan lele dapat di kembang biak dengan cepat jika anda melakukan pemeliharaan dengan benar.

Meskipun ikan lele adalah salah satu ikan yang sangat mudah melakukan adaptasi di mana pun, akan tetapi ketika Anda melakukan pemeliharaan yang salah maka bisa dipastikan bibit-bibit dari ikan lele pun banyak yang mati. Itulah mengapa anda dapat mengikuti tahapan diatas jika ingin ternak lele Anda berhasil.

·         Lele mempunyai kekebalan tubuh yang kuat

Ikan lele memang banyak ditemukan di perairan air tawar di mana ikan lele tersebut dapat ditemukan di beberapa sungai yang mengaliri kawasan di negara Indonesia. Bahkan ikan lele ini adalah salah satu ikan yang paling populer karena sangat mudah untuk mendapatkan benihnya. Sedangkan untuk bibit ternak lele pun tergolong cukup terjangkau karena satu bibit nya bisa anda peroleh dengan harga kisaran Rp2.500 saja. Sedangkan untuk harga jualnya dapat dikatakan cukup mahal yang pastinya dapat memberikan keuntungan bagi Anda.

Pencatatan dan Pembukuan

Bagian ini banyak dilupakan banyak pengusaha ternak lele, padahal jika diterapakan akan membantu dalam berbisnis yang menjadi mudah. Dengan Accurate Online mempermudahkan cara kerja ada dalam mengatur keuangan bisnis anda. Accurate Online software akuntansi terbaik nomor 1 di Indonesia yang banyak dipakai oleh pengusaha. Anda bisa coba Gratis 30 Hari dengan cara KLIK DISINI.  Free Konsultasi Accurate Online ke Whatsapp 081281091718 (Karunia)

Nah, itulah sekilas info yang bisa diberikan kepada Anda tentang budidaya ternak lele yang bisa menjadi bisnis anda. Dengan mengikuti cara-cara diatas, maka bisa dipastikan Anda bisa meraih kesuksesan. Dengan adanya ulasan diatas, diharapkan bisa membantu dan juga bermanfaat bagi anda semua.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *