5 Tips Membangun Bisnis Event Organizer yang Berhasil

1. Tambah Pengalaman dengan Bekerja pada Bisnis Event Organizer terlebih Dahulu

Tips yang pertama ialah, pebisnis harus belajar dan mencari pengalaman dengan bekerja pada bisnis event organizer lain terlebih dahulu. Jika sudah mengetahui ilmunya, baru membuka Anda bisa membuka bisnis event organizer secara mandiri.

Artinya, untuk membuka bisnis ini, Anda harus memiliki pengalaman kerja yang mumpuni. Karena kegiatan yang akan digarap sangat banyak, tentu tanpa pengalaman, bisnis tidak akan berjalan. Maka dari itu, belajar terlebih dahulu baru jalankan usaha.

2. Bentuk Tim Yang Kompak

Membuat event organizer atau EO memang terbilang sulit karena bidang usaha yang harus dikerjakan cukup banyak orang. Maka dari itu, untuk membangun bisnis ini, dibutuhkan tim yang bisa bekerja sama dengan baik. Kekompakan inilah yang nantinya biisa menghasilkan satu desain layanan EO yang memuaskan pelanggan.

Akan tetapi, pastikan tidak asal memilih rekan untuk menjalankan bisnis. Tetapi memang memiliki keahlian sesuai bidangnya masing-masing. Maka dari itu, pastikan dalam perekrutan, ada training yang harus dilakukan. Baru jika lulus, terjunkan mereka pada bisnis EO.

Jika kualifikasi tim sudah seperti ini, pebisnis tinggal memanajemen sesuai misi yang dicanangkan. Di antaranya ialah melakukan briefing, pengawasan, serta evaluasi siapa tahu ada masalah dengan tim yang sedang bekerja.

3. Lakukan Promosi Secara Intensif

Jika bisnis sudah berjalan, apalagi sudah mendapatkan pelanggan sekalipun hanya 1-2 orang, maka ini bisa dijadikan ajang promosi yang bagus. Caranya dengan memasang nama EO di lokasi pesta pernikahan, ulang tahun dan lain sebagainya. Pastikan, tamu yang hadir membaca tulisan tersebut.

Jika pelayanan bagus, tentu tamu akan melihat nama yang terpampang di depan dengan serius. Bukan tidak mungkin, mereka akan menghubungi Anda untuk menjadi pelanggan berikutnya.

Promosi intensif selanjutnya ialah dengan menggunakan media. Baik dengan cara meletakkan nama di surat undangan, pasang review di website atau dengan memasang pamflet di pinggir jalan. Anda juga bisa memasang  iklang melalui facebook ads atau google ads. Tujuan promo ini ialah untuk mengenalkan bisnis kepada khalayak ramai melalui dunia maya dan membangun branding.

4. Lakukan Evaluasi Dengan Baik

Tidak ada bisnis yang lancar dari awal berdiri hingga akhir, termasuk bisnis EO. Maka dari itu, diperlukan evaluasi untuk melihat akar masalah sekaligus memotivasi agar tidak terjadi di kegiatan selanjutnya.

Jika evaluasi ini dilakukan secara berkala, tentu bisnis  yang dijalankan akan sukses. Karena sekali berkegiatan, pelanggan akan puas atas layanan yang minim kesalahan.

5. Update Informasi Seputar EO

Tips yang ke delapan ialah semua tim tidak boleh buta informasi. Pastikan mereka selalu update tentang desain EO terbaru. Jika ini tidak dilakukan, tentu desain kegiatan yang dipersembahkan kuno dan tradisional.

Sedangkan, jika terus update informasi, tim bisa menyesuaikan layanan dengan permintaan pelanggan. Bahkan, promotor bisa menyodorkan banyak pilihan desain kontemporer kepada calon pengundang.

NOTED:

Membangun sebuah event organizer memang bukan sesuatu yang mudah, namun dengan mengikuti tips diatas Anda bisa membentuk sebuah EO yang lebih baik.

Lakukan juga pembukuan dalam EO Anda. Hal ini sangat penting untuk mengetahui untung rugi dan pengembangan bisnis yang berkelanjutan. Jika Anda baru memulai bisnis, Anda bisa melakukan pembukuan secara manual, namun saat perputaran biaya dan transaksi semakin kompleks, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi cloud yang mempunyai fitur terlengkap dan dengan harga terjangkau. Hanya 200 ribu perbulan, Anda bisa menikmati pembukuan yang lebih mudah dan lebih baik.

Gunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan cara KLIK DISINI