Sebagai seorang pemilik bisnis, Jadwal yang padat membuat Anda mengabaikan pembukuan keuangan UKM perusahaan. Tumpukan laporan pengeluaran, invoice, dan dokumen-dokumen akuntansi lain pun tanpa disadari semakin meningkat hingga akhirnya terbengkalai. Padahal, pembukuan keuangan yang tidak akurat, baik karena secara keseluruhan mengalami kekacauan ataupun sudah lama tidak di-update akan berdampak buruk pada nasib perusahaan dimasa yang akan datang.

Mengaburkan Gambaran Besar Kondisi Finansial

Anda dapat mengetahui gambaran terhadap kelangsungan hidup finansial perusahaan anda melalui pembukuan keuangan . Tanpa melakukan pembukuan keuangan UKM dengan benar, gambaran tersebut akan menyulitkan pengambilan keputusan untuk menghemat pengeluaran bisnis karena mengabur. Sekarang bisa jadi bisnis Anda sedang dalam masa perjuangan secara finansial, namun apabila tidak ada pembukuan yang benar, Anda mungkin tidak dapat mengetahui sebab dari  permasalahannya. Lebih buruknya, Anda mungkin tidak tahu bahwa sebenarnya sedang ada problem pada perusahaan Anda.

Menyebabkan Kesalahan yang Merugikan

Akan menjadi bencana bagi bisnis Anda apabila terjadi kesalahan dalam menghitung biaya atau keuntungan tertentu sebab pembukuan keuangan UKM yang buruk. Misalnya, memperkirakan keuntungan yang terlalu tinggi saat mengisi formulir pajak dapat meningkatkan biaya pajak perusahaan Anda. Sedangkan bila yang terjadi adalah kebalikannya, Anda dapat dikenakan audit atau denda. Pembukuan yang tidak tepat juga dapat menyebabkan Anda salah dalam mengategorikan aset yang mana berujung pada pengeluaran bisnis yang membengkak. Apabila pencocokan pembukuan dengan laporan bank tidak dilakukan secara rutin dan berkala, kesalahan tersebut dapat menyebar dan berpotensi merusak kondisi keuangan perusahaan.

Meningkatkan Risiko Audit

Memiliki data keuangan yang terkesan “mencurigakan” atau telat membayar pajak dapat menyebabkan bisnis Anda rawan untuk dikenakan audit. Meskipun sebenarnya tidak ada yang salah dengan data finansial Anda, proses audit tetap dapat menyita biaya dan waktu. Proses tersebut tentu akan jauh lebih melelahkan jika pembukuan keuangan Anda tidak beraturan. Apalagi jika adanya risiko ditemukan data-data keuangan yang  tidak sesuai. Bisa-bisa Anda terkena pinalti dari lembaga keuangan atau diminta untuk membayar denda.

Membatasi Opsi Finansial

Opsi Anda untuk mendapatkan pinjaman dapat dibatasi karena pembukuan keuangan yang tidak teratur. CEO dari MultiFunding,Ami Kassar, pernah mempunyai klien yang sedang butuh dana dengan cepat. Namun sayangnya, kebutuhan tersebut jadi tidak bisa segera dipenuhi sebab pembukuan akuntansi yang sudah tidak di-update selama enam minggu. Wajib Bagi para pemilik bisnis kecil yang sedang membutuhkan pinjaman dana, terutama jika sifatnya mendesak untuk memastikan bahwa pembukuan akuntansi Anda sudah akurat dan benar. Jangan sampai Anda terhalangi dalam mendapatkan pinjaman dana untuk keperluan bisnis hanya karena  pembukuan akuntansi yang buruk.

Mengarah pada Masalah Daftar Gaji

Seperti aspek lain dalam keuangan perusahaan, payroll atau daftar gaji juga mendapat pengaruh dari pembukuan akuntansi. Tanpa sadar Anda dapat memberi gaji pada karyawan dengan jumlah yang sebetulnya kurang sesuai apabila tidak melakukan pembukuan akuntansi dengan benar. Parahnya, Anda tidak mengetahui hal tersebut sebab catatan pembukuan yang tidak teratur. Kesalahan tersebut dapat berdampak pada masalah pajak penghasilan yang harus dibayarkan oleh karyawan.

Setelah mengetahui pentingnya sistem informasi akuntansi dan manfaat yang dapat diperolehnya, maka sekarang waktunya Anda melakukan hal tersebut. Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi online untuk merancang sistem informasi akuntansi untuk usaha yang sedang dijalankan sekarang.

Manfaat Menggunakan Sistem Akuntansi Keuangan

1. Memperbaiki kualitas dan mengurangi biaya untuk menghasilkan produk atau jasa

Sebagai contoh Software Akuntansi dapat mengawasi mesin secara otomatis. Operator akan diberitahu jika proses yang berjalan melebihi dan kurang dari batas kualitas yang ditentukan. Hal ini dapat membantu perusahaan mempertahankan kualitas produk. Selain itu juga mengurangi jumlah bahan yang terbuang dan biaya untuk pengerjaan ulang.

2. Memperbaiki efisiensi

Software Akuntansi yang dirancang dengan baik dapat membantu Anda memperbaiki efisiensi suatu proses karena dapat memberikan informasi yang lebih tepat waktu. Sebagai contoh, perusahaan yang menggunakan pendekatan produksi just in time membutuhkan informasi yang konstan, akurat dan up to date mengenai persediaan bahan baku mereka.

3. Memperbaiki pengambilan keputusan

Software Akuntansi dapat memperbaiki pengambilan keputusan dengan memberikan informasi dengan tepat waktu. Sebagai contoh, perusahaan ritel membuat database lengkap yang berisi informasi lengkap tentang transaksi penjualan setiap harinya. Dengan informasi tersebut, perusahaan dapat menganalisis produk yang banyak dicari, pola barang yang harus dibeli dalam jumlah banyak, dan juga dapat digunakan untuk memperbaiki tata letak barang agar penjualannya meningkat.

4.Tidak Perlu Menggunakan Jasa Konsultan Keuangan

Kita tahu semua untuk menggunakan jasa konsultan keuangan dibutuhkan biaya yang cukup besar. dan belum lagi laporan yang tidak bisa di minta secara up to date, membutuhkan waktu relatif lebih lama.

Salah satu software akuntansi yang dapat membantu Anda adalah ACCURATE ONLINE. Dengan menggunakan ACCURATE Online data akuntansi Anda dapat tercatat dengan rapi, tepat, dan up to date. Selain itu, ACCURATE ONLINE juga akan memudahkan Anda karena penggunaannya mudah, aman, dan dapat digunakan dimana saja dan kapan saja.

Software akuntansi dengan akurasi yang sudah terjamin, seperti ACCURATE Online merupakan salah satu cara memastikan pembukan perusahaan Anda terkelola dengan benar dan baik. Anda dapat mendapatkan free trial apabila mendaftarkan perusahaan Anda disini sekarang.

softwareaccurate.net/1