Bekerja salah satu cara untuk memenuhi segala kebutuhan hidup. Tetapi terlalu banyak bekerja ternyata bisa berdampak buruk terhadap kesehatan, terlebih lagi apabila Anda terlalu sering begadang untuk lembur. Meskipun lembur menjadi tuntutan yang harus dipenuhi oleh karyawan, ada baiknya Anda juga harus memperhatikan dari segi kesehatan Anda juga.

Tanpa disadari, Anda akan menemukan perubahan fisik, termasuk kesehatan yang disebabkan karena terlalu sering lembur kerja. Meskipun serangan penyakit tidak secara langsung menyerang Anda, namun jika lembur kerja semakin sering dilakukan, maka dampak buruk itu pun akan Anda rasakan.

Berikut ini 5 jenis penyakit yang dapat mengancam kesehatan Anda akibat terlalu banyak lembur kerja, diantaranya:

Menimbulkan gangguan pencernaan
Kebiasaan makan yang tidak teratur akibat banyak lembur kerja dapat menimbulkan gangguan pada bagian pencernaan. Gangguan pencernaan tersebut dapat berupa seperti rasa mual, diare maupun penyakit perut yang lainnya. Gangguan tersebut dapat disebabkan karena kurangnya air putih.

Obesitas dan diabetes mengintai Anda
Jika Anda memiliki kebiasaan makan yang tidak baik selama lembur kerja, maka hal ini akan memberikan dampak buruk pada kesehatan Anda. Dampak buruk yang bisa terjadi dapat berupa seperti obesitas maupun diabetes. Hal ini disebabkan karena kadar hormon leptin dalam tubuh mengalami penurunan, sehingga nafsu makan akan sulit terkontrol.

Bekerja 55 jam dalam seminggu dapat menimbulkan stroke
Stroke dapat mengancam Anda apabila bekerja lebih dari 55 jam dalam seminggu. Untuk itu, perhatikan kesehatan Anda, jika lembur hanya sesekali, tentunya tidak masalah, namun jika lembur dilakukan setiap harinya tentunya hal ini akan berdampak buruk terhadap kesehatan Anda.

Terlalu sering duduk dapat menimbulkan penyakit ginjal
Penyakit ginjal dapat ditimbulkan karena terlalu sering duduk. Apabila Anda bekerja terlalu banyak duduk, sebaiknya Anda mewaspadai hal ini. Cara yang dapat untuk Anda lakukan yaitu dengan mengimbangi nya dengan mengkonsumsi air putih 8 gelas dalam sehari. Selain itu Anda juga bisa melakukan aktivitas lain selain duduk, seperti berdiri an berjalan setiap 1 jam sekali.

Lembur dapat menurunkan fungsi otak
Semakin usia menua, maka fungsi otak akan mengalami penurunan. Namun jika Anda terlalu sering lembur, maka risiko terhadap penurunan otak pun akan semakin cepat Anda rasakan.

Apabila Anda sudah merasakan mata lelah, mengalami gangguan dan merasakan tubuh yang kurang enak, sebaiknya Anda mengurangi jam bekerja. Hal ini dikarenakan tanda-tanda semacam itu membuktikan bahwa Anda terlalu banyak menghabiskan waktu Anda untuk bekerja.

Dengan Accurate Online tidak ada lagi yang namanya kerja lembur di kantor karena Accurate Online adalah sistem akuntansi yang sudah terintegrasi antara modul Cash/Bank, Buku Besar, Penjualan, Persediaan, Pembelian, Fixed Asset, yang menghasilkan Laba/Rugi, Neraca Laporan Penjualan dsb.

Setelah Anda mengetahui 5 Jenis penyakit dapat mengancam kesehatan Anda karena terlalu sering lembur, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah cara kerja dan sistem akuntansi yang tepat. Dengan menggunakan sistem akuntansi secara tepat, bisnis akan semakin berkembang dan sukses. Accurate Online adalah software akuntasi online yang membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan mudah, aman, dan cepat. Anda dapat melakukan pencatatan setiap transaksi bisnis di mana pun, tidak perlu menggunakan buku akuntansi yang tebal dan berat, Anda bisa menggunakan smartphone yang Anda miliki. Untuk informasi fitur menarik lainnya dari Accurate Online, Anda bisa mendapatkannya di sini.